Evolusi Teknologi Telekomunikasi Fourth Generation(4G)#1 LTE

Teknologi telekomunikasi terus berkembang menelurkan produk inovatif dan bergerak ke generasi selanjutnya keempat (4G), salah satunya yang lebih dikenal dengan produk teknologi LTE (Long Term Evolution), yang dapat melakukan download dan upload dari telepon seluler dengan kecepatan ratusan megabite per second(Mbps). Ini merupakan evolusi lanjutan 3G dan disebut-sebut sebagai 4G.
Teknologi 4G (Fourth Generation) adalah teknologi kelanjutan dari proses perkembangan teknologi telepon seluler (mobile phone). Sebelumnya masyarakat telah sangat mengenal dengan teknologi 2G (Second Generation) yang sangat ngetrend dengan teknologi voice call dan SMS. Baru-baru ini masyarakat dikenalkan dengan teknologi 3G (Third Generation) dengan andalannya teknologi video call. Di generasi keempat (4G), masyarakat akan cenderung dibawa pada sebuah koneksi yang bisa selalu terhubung setiap saat. Atau bisa dijabarkan dengan istilah kapan saja, dimana saja dan bahkan dengan perangkat apa saja.

Teknologi telekomunikasi merupakan salah satu teknologi yang berkembang dengan sangat cepat. Mulai dengan berkembangnya pemanfaatan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol), Teknologi satelit yang memugkinkan melakukan komuikasi dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Teknologi telekomunikasi bergerak (mobile technology) juga mengalami perkembangan yang sangat cepat dimulai dengan layanan yang kita kenal dengan teknologi 1G sampai dengan teknologi 4G.

Bagi pengguna layanan telekomunikasi/internet, istilah pita lebar atau broadband bukanlah suatu hal yang asing. Jika diartikan secara sederhana, broadband diibaratkan pipa yang lebar untuk koneksi berbagai layanan yang tersedia, sehingga memberikan akses yang jauh lebih cepat hingga 10-20 kali lipat dibandingkan modem dial-up yang hanya mampu menghantarkan kecepatan dikisaran 30 hingga 50 kilobits per second (Kbps).

Karena kecepatan yang ditawarkannya sangat tinggi, maka layanan broadband mampu menghadirkan aplikasi multi media seperti aplikasi video dan music-on-demand, multi-player online games, voice dan video communications dengan nyaman.

Masalah utama menggunakan broadband access adalah broadband access cukup mahal dan tidak mencakup seluruh wilayah. Sedangkan masalah utama WiFi access adalah lingkup hot-spots sangat kecil, sehingga wilayah cakupannya juga kecil. Lalu, apakah ada teknologi yang dapat memecahkan semua masalah itu? Di mana teknologi tersebut dapat memberikan fasilitas seperti : high speed broadband service (akses yang lebih cepat), wireless (tanpa kabel) karena lebih murah dan lebih mudah memperluas daerah jangkauan dari pinggiran kota sampai daerah pedalaman, dan broad coverage (daerah jangkauan yang luas) seperti jaringan pada telepon genggam.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut solusinya adalah  dengan menggunakan teknologi dari 4G yaitu LTE (Long Term Evolution) yang dapat melakukan download dan upload dari telepon seluler dengan kecepatan ratusan megabite per second.

Teknologi 4G seperti LTE didesain lebih kepada transfer data bukan suara, berbasis jaringan IP dan berdiri di atas teknologi OFDM. Kecepatan yang tinggi pada 4G memungkinkan suara, video, dan data dapat diakses dalam satu perangkat yang praktis. Di masa mendatang, konsumen dijanjikan akan dapat melakukan download dan upload High Definition Video, layanan data berkapasitas besar dan Value Added Service (VAS) seperti interactive gaming, mengakses e-mail dengan attachment besar serta bergabung dalam video conference dimanapun dan kapanpun.

Baca Artikel 4G selanjutanya…

This entry was posted in Telekomunikasi & Jaringan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Evolusi Teknologi Telekomunikasi Fourth Generation(4G)#1 LTE

  1. Pingback: Revolusi Telekomunikasi Antara Teknologi-Layanan-Regulasi | adeadnani

  2. Pingback: Penemu Teknologi Telekomunikasi 4G Asal Indonesia | adeadnani

  3. Pingback: Network Transition from WiMAX to LTE | adeadnani

  4. Pingback: Evolusi Teknologi Telekomunikasi Fourth Generation(4G)#2 LTE | adeadnani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s