Komunikasi Internet via kabel listrik#1

Perkembangan teknologi komputer dan informasi komunikasi (infokom) semakin besar peranannya dalam segala bidang, mulai bidang perindustrian, pendidikan, pariwisata, jasa dan sebagainya. Berkembangnya teknologi komputer dan dunia informasi komunikasi (infokom) ini secara tidak langsung mulai mempengaruhi pola pikir dan pola kerja seseorang, dulu seseorang yang membutuhkan informasi harus mencarinya secara manual. Bahkan dalam perkantoran yang memiliki banyak divisi, pertukaran informasi dari satu divisi ke divisi yang lainnya harus dilakukan secara manual, dengan perantara manusia.
Dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan semakin tingginya pengetahuan manusia akan dunia informasi mendorong manusia untuk bisa saling berkomunikasi dan saling tukar informasi satu dengan yang lainnya secara langsung. Hal inilah yang mendorong manusia untuk mulai bergeser dari sistem komputer dahulu yang berrdiri sendiri-sendiri, menjadi sistem komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.
Sedangkan selama ini sistem jaringan komunikasi yang ada belum memadai kebutuhan komunikasi terutama untuk  komunikasi yang membutuhkan koneksi yang lebih banyak dan efisien. Menyikapi hal ini berkembanglah berbagai sistem komunikasi dengan sederet kelebihan dan kelemahannya. Untuk wilayah terbuka, hampir semua sistem komunikasi dapat diaplikasikan dan berjalan dengan baik. Sistem komunikasi dengan kabel (wired communication) dapat diandalkan kualitasnya, tetapi untuk instalasi kabel pada gedung tinggi menjadi masalah tersendiri karena membutuhkan biaya yang tinggi dan berpotensi merusak keindahan gedung. Sementara itu, sistem komunikasi tanpa kabel (wireless communication) tidak dapat berjalan dengan baik pada gedung, karena sinyal yang dipancarkan oleh access point akan diblokir oleh dinding dan diserap beton bertulang. Selain itu dalam hal biaya juga bisa lebih hemat dan efisien karena dengan adanya teknologi ini kita tidak perlu lagi menyediakan dan memasang kabel data yang baru. Teknologi tersebut dikenal dengan istilah Power Line Communication (PLC), dimana jaringan listrik menjadi tulang punggung (backbone)-nya. Peningkatan efisiensi ini dapat dilakukan dengan mengimplementasikan teknologi Power Line Communication (PLC) pada jaringan lokal. Selain tidak perlu merubah infrastruktur gedung atau tempat dimana jaringan akan dibuat, tidak perlu menarik kabel lagi untuk membangun jaringan, juga dapat menyediakan titik akses jaringan yang lebih banyak.

This entry was posted in Telekomunikasi & Jaringan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s