Sharing Tentang Modul Penguat(Line Amplifier Cards) Optik DWDM

Berawal dari pertanyaan dari kawan-kawan tentang apa itu (fungsi/kegunaan) LALIC, LAMIC, dan sejenisnya. Untuk itu disini saya akan mensharingkan apa yang saya tahu tentang hal tersebut dan silahkan dikoreksi/menambahkan jika ada yang kurang jelas(belum tepat).

Setahu saya pada DWDM(Dense Wavelength Division Multiplexing) terdapat beberapa jenis modul salah satunya Line Amplifier Cards, modul  Line Amplifier Cards sendiri terdiri dari 7 cards yaitu :

1. LALBC 2. LALBCH 3. LALIC 4. LALPC 5. LAMIC

6. LAMPC 7. LASBC

Semua jenis cards tersebut merupakan modul penguat pada DWDM(Dense Wavelength Division Multiplexing), dimana jenis penguat tersebut mempunyai peran masing-masing sesuai kegunaan. Untuk lebih jelas silahkan ikuti pembahasan berikut ini :

1. LALBC : modul penguat ini digunakan pada jarak jauh(long spans),tipe penguatnya yaitu Booster Amplifier dan kemampuannya sebagai transmitter.

2. LALBCH : modul penguat ini digunakan pada jarak sangat jauh(very long spans),tipe penguatnya yaitu Booster Amplifier dan kemampuanya sebagai transmitter.

3. LALIC : modul penguat ini digunakan pada jarak jauh(long spans),tipe penguatnya yaitu Inline Amplifier dan kemampuannya sebagai transmitter dan receiver.

4. LALPC : modul penguat ini digunakan pada jarak jauh(long spans),tipe penguatnya yaitu Pre-Amplifier dan kemampuannya sebagai receiver.

5. LAMIC : modul penguat ini digunakan pada jarak sedang(medium spans),tipe penguatnya yaitu Inline Amplifier dan kemampuannya sebagai transmitter dan receiver.

6. LAMPC : modul penguat ini digunakan pada jarak sedang(medium spans),tipe penguatnya yaitu Pre-Amplifier dan kemampuannya sebagai receiver.

7. LASBC : modul penguat ini digunakan pada jarak pendek(short spans),tipe penguatnya yaitu Booster Amplifier dan kemampuannya sebagai transmitter.

Cara kerja dari tipe penguat tersebut adalah sebagai berikut :

Inline Amplifier –> Pre-Amplifier –> Booster Amplifier

Gambar 1. Inline Amplifier

Jadi sinya masuk yang dikuatkan oleh Inline Amplifier, dan Pre-Amplifier sebagai penguat awal sinyal sebelum masuk ke demultiplexer untuk disebarkan, selanjutnya sinyal tersebut diBooster keluar oleh Booster Amplifier setelah dari multiplexer, kurang lebih begitu gan😀

Gambar 2. Pre-Amplifier & Booster Amplifier

Tambahan :

– LAXYC

– LAXYCH

Ket : X = ukuran span

Y = jenis penguat

LA = Line Amplifier

*Semoga bermanfaat😀

Dense Wavelength Division Multiplexing

This entry was posted in Telekomunikasi & Jaringan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Sharing Tentang Modul Penguat(Line Amplifier Cards) Optik DWDM

  1. Pingback: Teknologi DWDM(Dense Wavelength Division Multiplexing) » wahyuae

  2. Pingback: Teknologi DWDM(Dense Wavelength Division Multiplexing) | adeadnani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s