Di sore hari yang cerah nan indah seindah HP saya yang sedang berdering 😀 ternyata team Helpdesk NOC Jakarta memanggilku ada apakah gerangan..?? Hmmm.. ada sesuatu yang gk beres ni kalo helpdesk NOC memanggil he..he.. 😀
Tak panjang lebar langsung saja to the point dweh.., team helpdesk NOC mengabarkan bahwa nanti malam jam 24:00 wib akan ada cut over fiber optik dan diminta untuk standby di shelter..wuisssss…..mantap dah tengah malam jum’at pula..serremmmm…, jamnya para mahluk hidup ehh salah mahluk jadi-jadian he…he.. 😀
Cut over merupakan penyelesaian akhir dari trouble ticket (TT), ini merupakan prosedur dalam link fiber optik yang mengalami gangguan dan aturannya sudah ditentukan pada SOP.
Akhirnya mau gk mau saya pun ditugaskan untuk meng-eksekusi manuver core dan meng-OTDR link fiber optik, Hayoo…. lah namanya juga tugas negara dan perusahaan, hitung-hitung menambah pengalaman dan ilmu Aamiin…!!!
Pada saat itu juga team rombongan eksekusi berangkat menuju lokasi tugas masing-masing yang sudah ditentukan sebelumnya. Kebetulan saya ditugaskan di sisi terminal perangkat sekaligus untuk memonitor status perkembangan link DWDM, SDH dan perangkat pendukung lainnya.
Saatnya saya menunggu detik-detik eksekusi, sembari merasakan dinginnya ruangan ber-AC di malam hari Plus di luar lagi hujan juga Grrrrr…..(menggigil) 😀 sambil mondar-mandir di dalam ruangan duduk sana-duduk sini dan sudah beberapa kali saya melihat jam, namun HP ku masih belum berdering juga menunggu datangnya telepon dari team helpdesk NOC maupun team yang berada di lapangan, terasa lama sekali team helpdesk NOC menghubungi saya. Saat tengah malam tiba, akhirnya datang juga panggilan untuk menyuruhku segera mengeksekusinya, semua senjata eksekusi saya pun sudah ku siapkan sebelumnya baik tools maupun OTDR…dan siap berperang di malam hari 😀
Semua patchcore yang diminta untuk dieksekusipun sudah ku lakukan dan Alhamdulillah semua berjalan dengan sukses, aman dan lancar, begitupun status perangkat telekomunikasi semuanya sudak ok.., tidak ada lagi indikator led yang berwarna merah(alias alarm) di perangkat semuanya green alias hijau(normal)..he..he.. 😛
Serasa semua status Perangkat dan link sudah benar-benar ok dan team helpdesk NOC menyuruh ku untuk siap takeoff meninggalkan shelter.. Bye Shelter… 😛
MS-FLM Team
Semua ini berkat kesolidan teamwork kita dilapangan, selain skill, experience dan knowledge kita juga jangan melupakan yang satu ini saat bekerja yaitu ”Team Work”. Sepandai, sekuat, dan se-expert apapun seseorang pasti akan membutuhkan kawan disisi kita. Semangat dan perkokoh terus teamwork kita……
Tips dan saran :
1. Siapkan semua tools/perlengkapan kita untuk pekerjaan yang kita butuhkan.
2. Kenali dan analisa gannguan yang sedang terjadi, agar kita tahu langkah pertama yang harus kita lakukan.
3. Jangan melakukan action/eksekusi sebelum ada perintah dari orang yang berkepentingan.
4. Selalu berkoordinasi dengan team dilapangan maupun helpdesk NOC yang berkepentingan.
5. Pastikan ketika sudah selesai pekerjaan keadaan lingkungan kerja benar-benar OK.
6. Harus teliti, cermat dan hati-hati dalam melakukan eksekusi patchcore, pastikan benar-benar patchcore yang harus dieksekusi dan perhatikan posisi patchcore setelah maupun sebelum eksekusi jangan sampai terbalik(lihat label/tandai) .
7. Dan yang terakhir tak boleh di lupakan berdoa sebelum beraktifitas.. 😀
Tulian diatas merupakan pengalaman sedikit saya pada eksekusi cut over dan manuver link, tolong dikoreksi ya…. Saya yakin kawan-kawan pasti punya pengalaman yang lebih banyak lagi dari saya, apalagi orang lapangan yang berkecimpung di kabel fiber optik. silahkan bisa disharingkan disini…
Salam sukses
ade adnani
Tetap semgat gan untuk belajar, gak jauh beda sesuai artikel jg pengertiannya.
nice info gan.. saya bisa minta tolong gak untuk dijelaskan mengenai prosedur cut over yang bertujuan modernisasi perangkat secara mendetal. khusunya dari kabel tembaga ke serat optis.. trimakasih gan
Mantep juga ni share Co.. agan missi cut oper bagi ilmunya dong,, biar kita” pada ngerti.. soalnya ane jg pernah liat co under BSC.. tp kagak ngarti,, hehehe mklum awam ndan…
ok gan ! setuju pengalamannya !
Dijelasin donk gan di sana ngpn aj? apa aj troubleshootnya….