Menambah Storage Smartphone Android Tanpa MicroSD

MicroSDSmartphone Android saat ini memang sangat nyaman untuk digunakan sebagai gadget pribadi sehari-hari. Dengan perangkat pintar ini, pengguna tentu dapat mendengarkan lagu, menonton video, bermain game, mengambil gambar dengan kamera, men-download file tanpa PC, dan lain sebagainya. Semua itu tentu sangat nyaman dilakukan, asal storage yang tersedia masih ada.

Semua kenyamanan tersebut tentu akan terbatasi saat sebuah smartphone tidak memiliki slot microSD. Apalagi, saat ini masih ada smartphone dengan storage internal hanya 8GB yang tergabung dengan sistem operasinya. Hanya dengan melakukan beberapa instalasi pada smartphone tersebut, jangankan menambah file MP3, mengambil foto pun juga akan menjadi sebuah masalah.

Produsen sendiri berpendapat bahwa kehadiran microSD dapat menghambat kinerja sebuah smartphone. Akan tetapi, dampak lainnya yang harus diantisipasi adalah

saat storage internal penuh, kinerja smartphone pun juga tidak akan sekencang saat kosong. Dilema seperti inilah yang dialami para pengguna smartphone, bahkan pemilik perangkat mahal seperti Samsung Galaxy S6 sekali pun!

Satu hal yang perlu dilakukan oleh para pengguna smartphone dengan jenis ini adalah dengan memindah data yang ada ke sebuah tempat yang mudah untuk diakses dan dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun. Lalu apa saja yang dapat dilakukan? Kami saat ini sudah menemukan beberapa solusi untuk permasalahan ini.

1. Menggunakan USB OTG Flash Drive

Smartphone Android yang saat ini beredar kebanyakan telah mendukung USB OTG. Saat ini pun, sebuah USB OTG Flash Drive sudah sangat mudah ditemukan di pasaran. Feature yang ditawarkan pun juga cukup beragam. Kita ambil contoh SanDisk USB Dual Drive. Flash Disk OTG yang satu ini menawarkan konektivitas USB 3.0 untuk PC dan microUSB untuk smartphone. Selain itu, perangkat ini juga menawarkan feature untuk melakukan backup data dengan melakukan download aplikasi mereka sendiri yang ada pada Google Play.

USB-OTG-500x333

Tentunya, data yang dapat dipindah ke USB OTG Flash Drive adalah file seperti video, musik, dan foto. Menggunakan USB OTG saat ini merupakan cara paling cepat dan mudah untuk mengakses data pada smartphone yang tidak memiliki slot microSD. Menggunakannya pun juga mirip saat kita memakai USB Flash Disk di PC atau pun notebook.

OTG pun saat ini sudah banyak bentuknya. Ada yang berbentuk card reader, hard disk eksternal, dan lain sebagainya. Untuk mencabut perangkat OTG dari smartphone pun juga mirip dengan PC: sebisa mungkin melakukan unmounting agar data yang tertulis di dalamnya tidak corrupt.

2. Menggunakan Wireless Storage

Menggunakan wireless storage saat ini memang belum umum digunakan. Hal tersebut karena kebanyakan perangkat storage yang memiliki kapabilitas wireless memiliki harga yang mahal. Saat ini, Western Digital, Seagate, dan Buffalo sudah menjual perangkat storage wireless tersebut dan dapat terhubung dengan 5 orang pengguna. Jenis hard disk seperti ini pun juga mudah ditemukan dipasaran. Selain itu, perusahaan mobile storage seperti Kingston juga menawarkan sebuah solusi yang dapat membaca semua kartu memori dan flash disk secara nirkabel.

kingston_mobilelite_wireless_g2

Butuh wireless storage dengan harga yang lebih terjangkau? Beberapa modem mobile WiFi atau MiFi saat ini sudah memiliki kemampuan untuk membaca kartu microSD. Apalagi, salah satu ISP yang mengusung konektivitas LTE menjualnya dengan harga yang jauh lebih terjangkau lagi. Tinggal masukkan sebuah kartu microSD, smartphone yang tidak memiliki akses storage eksternal pun bisa memindah data seperti video, foto, dan audio.

3. Menggunakan Online Cloud Storage

Menggunakan smartphone saat ini tentu tidak akan terlepas dari koneksi internet. Oleh karena itu, cara lain untuk memindah data dari smartphone ke storage lainnya adalah dengan menggunakan Cloud Storage. Dan saat ini, sudah banyak cloud storage yang bebas biaya alias gratis. Kapasitas yang ditawarkan pun juga beragam, mulai dari 1 GB bahkan sampai 1 TB! Hal ini tentu saja mengharuskan sang pengguna smartphone memiliki koneksi internet yang dapat diandalkan.

Cloud-Storage-500x170

Semua smartphone yang ada saat ini pun sudah menawarkan penyimpanan cloud langsung secara native. Misalnya Android dengan Google Drive, iPhone iCloud, dan Windows Phone dengan OneDrive. Pada saat Anda membutuhkan ruang cloud yang lebih lebar lagi, masih banyak penyedia jasa penyimpanan cloud gratis yang menawarkan feature-feature yang menarik pula. Khusus untuk foto, bahkan Yahoo dengan Flickr-nya menawarkan ruang sampai dengan 1 TB!

Source : www.jagatreview.com

This entry was posted in Tahukah Anda..? and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s