Revolusi Telekomunikasi Antara Teknologi-Layanan-Regulasi

Pendahuluan

Ilmu pengetahuan adalah suatu hal yang tidak pernah akan berhenti tumbuh dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan pada industri telekomunikasi dengan berbagai macam teknologi layanan telekomunikasi untuk mempermudah dalam mengakses informasi.

Revolusi Telekomunikasi

Revolusi telekomunikasi adalah satu dari sekian revolusi yang terjadi di berbagai bidang kehidupan manusia, seperti revolusi politik, pendidikan, pertanian, dan industri.

Teknologi telekomunikasi merupakan salah satu teknologi yang berkembang dengan sangat cepat. Mulai dengan berkembangnya pemanfaatan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol), Teknologi satelit yang memugkinkan melakukan komuikasi dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, Teknologi telekomunikasi bergerak (mobile technology) juga mengalami perkembangan yang sangat cepat dimulai dengan generasi pertama 1G di kenal dengan teknologi AMPS (Advanced Mobile Phone System) yang masih menggunakan teknologi analog dan selanjutnya sampai saat ini ada 2G, 2.5G, 3G, 3.5G, 4G yang sudah menggunkan teknologi digital dan berbagi layanan data internet mulai tumbuh pesat hingga sekarang.

Ada tiga (3) peran penting  yang saling berkaitan dalam proses kemajuan dan perkembangan pada telekomunikasi :

1. Teknologi : vendor yang bertindak sebagai penyedia perangkat/teknologi dari sisi hardware/software yang memberikan solusi teknologi berupa : end user terminal (ponsel dan dongle), jaringan akses, jaringan transport, jaringan inti.

2. Layanan : Operator yang bertindak sebagai penyelenggara layanan telekomunkasi yang memberikan layana pada masyarakat.

3. Regulasi : Pemerintah bertindak sebagai regulator untuk menentukan arah kebijakan yang diambil dalam penerapkan aturan-aturan.

Dari ke tiga (3) peran tersebut kita dapat menilai proses kemajuan dan perkembangan pada telekomunikasi.

Salam

This entry was posted in Telekomunikasi & Jaringan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Revolusi Telekomunikasi Antara Teknologi-Layanan-Regulasi

  1. Teguh says:

    makasih atas infonya

Leave a comment